Breaking News

Android 10: Cara Menyesuaikan Ukuran Keyboard

Hal pertama yang Anda lakukan saat mendapatkan ponsel baru adalah mempersonalisasinya. Anda dapat mengubah wallpaper dan mulai menambahkan kontak Anda, antara lain. Namun, Anda tidak dapat mengabaikan betapa tidak nyamannya mengetik saat Anda mencoba mengetik sesuatu ketika ukuran keyboard tidak tepat. Kecuali Anda mengubah ukuran keyboard, ada kemungkinan Anda akan melihat banyak kesalahan ketik. Mengapa kami tidak melihat bagaimana Anda dapat memberikan keyboard yang Anda gunakan dengan ukuran yang tepat.

Cara Mengubah Ukuran Keyboard di Android

Untuk memberi ukuran yang tepat pada keyboard, Anda harus membuka perangkat Anda Pengaturan, diikuti oleh Sistem pilihan. Sekarang ketuk Bahasa dan masukan.

Opsi Keyboard Virtual akan menjadi yang pertama dalam daftar. Ketuk opsi dan keyboard yang saat ini Anda gunakan. Untuk tutorial ini, saya akan menggunakan Gboard. Karena ini adalah papan ketik berperingkat teratas, ada kemungkinan besar Anda juga menggunakannya.

Setelah Anda memilih keyboard, ketuk Preferensi. Di bagian tata letak, Anda akan melihat opsi Ketinggian keyboard.

Opsi untuk ukuran keyboard adalah:

  • Sangat pendek
  • Pendek
  • Mis-short
  • Normal
  • Tinggi menengah
  • Tinggi
  • Sangat tinggi

Ketuk opsi yang akan memberi ukuran keyboard yang Anda inginkan, dan Anda siap melakukannya. Tidak perlu me-restart telepon Anda; perubahan akan segera berlaku. Bagaimana jika Anda sudah menggunakan keyboard? Alih-alih membuka pengaturan perangkat Anda, Anda dapat mengetuk opsi koma dengan ikon emoji yang ada di kiri bawah layar Anda. Setelah ketiga opsi muncul di atas, geser jari Anda ke arah roda gigi.

Cara Mengubah Ukuran Keyboard di Tablet Android 9

Setting pada tablet dengan Android 9 memang sedikit berbeda, namun tidak terlalu banyak. Misalnya, Anda tidak akan menemukan opsi Sistem di tablet; sebaliknya, Anda harus memulai secara berbeda. Untuk menyesuaikan ukuran keyboard di tablet, buka Pengaturan, diikuti oleh Manajemen umum. Ketuk di Bahasa dan masukan pilihan; itu akan menjadi yang pertama dalam daftar.

Setelah Anda masuk, cari dan ketuk opsi Keyboard di layar; ketuk keyboard yang ukurannya ingin Anda ubah. Untuk tutorialnya, saya akan melanjutkan dan memilih Gboard juga. Setelah memilih keyboard, buka Preferensi.

Di preferensi, di bagian tata letak, ketuk opsi Ketinggian keyboard. Sama seperti di ponsel Android Anda, Anda akan melihat opsi ketinggian yang sama dengan yang dapat Anda pilih. Daftarnya adalah:

  • Sangat pendek
  • Pendek
  • Pertengahan pendek
  • Normal
  • Tinggi menengah
  • Tinggi
  • Sangat tinggi

Segera setelah Anda memilih opsi ketinggian, tablet Anda akan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Tidak perlu memulai ulang tablet Anda. Hal yang sama berlaku untuk ponsel Android Anda. Beberapa pengguna suka memperbesar keyboard karena mereka sudah muak dengan tidak sengaja mengetik dua karakter ketika niatnya adalah hanya memilih satu.

Cara yang lebih cepat untuk mengakses Preferensi Gboard saat Anda sudah membuka keyboard adalah dengan mengetuk opsi koma. Tekan lama di atasnya, dan roda gigi pengaturan akan muncul. Lepaskan, dan Anda akan berada dalam preferensi secara otomatis.

Pikiran Akhir

Sangat menyenangkan memiliki opsi untuk menyesuaikan keyboard Android Anda. Ketika Anda bosan dengan satu ukuran, Anda lebih banyak untuk memilih. Ukuran apa yang Anda sukai? Bagikan pemikiran Anda dengan kami di komentar di bawah.

About gustiplau

Check Also

Cara Menghapus Strip Saran di Gboard

Keyboard perangkat Anda adalah sesuatu yang selalu harus berfungsi dengan baik. Anda menggunakan keyboard untuk …