Breaking News

Seberapa amankah Microsoft Teams?

Microsoft Teams adalah layanan kolaborasi tim yang sangat populer. Jutaan pengguna bisnis mengandalkan Teams untuk menyelesaikan tugas terkait pekerjaan mereka.

Perusahaan dan karyawan mereka merupakan kategori utama pengguna Teams, bersama dengan guru dan siswa. Orang-orang membagikan banyak dokumen bisnis rahasia di Teams setiap hari. Jika dokumen tersebut sampai ke tangan yang salah, pihak ketiga dapat mengakses informasi rahasia dan sensitif. Yang terpenting, ini termasuk strategi bisnis dan data klien.

Jadi, banyak perusahaan dan pengguna bisnis bertanya-tanya seberapa aman Microsoft Teams. Nah, kami melakukan sedikit penggalian tentang masalah ini. Kami akan membuat daftar kesimpulan di bawah ini.

Fitur Keamanan Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah layanan yang sesuai dengan Tier D. Sebagai pengingat cepat, Tingkat D adalah standar keamanan dengan persyaratan paling ketat. Artinya, Teams berada pada tingkat kepatuhan tertinggi dengan semua layanan keamanan yang diaktifkan secara default.

Enkripsi Data dan Protokol Keamanan

Tim Enkripsi Data

Microsoft Teams menawarkan fitur keamanan yang sangat baik. Data Anda dienkripsi saat transit dan saat istirahat. Dengan kata lain, Teams mengenkripsi pesan instan Anda untuk mencegah pihak ketiga mengaksesnya.

Perlu disebutkan bahwa komunikasi jaringan dienkripsi secara default. Selain itu, Teams mengharuskan server menggunakan sertifikat keamanan terbaru. Protokol keamanan tambahan seperti OAUTH, TLS, SRTP memastikan data Anda sepenuhnya terlindungi di jaringan.

Transport Layer Security (TLS)

Teams menggunakan protokol TLS bersama (MTLS) untuk berkomunikasi dengan server Microsoft 365. Selain itu, protokol TLS mengamankan sambungan dari klien ke layanan. Dengan cara ini, Teams berhasil mengautentikasi semua pihak dan mengenkripsi semua data.

Demikian pula, protokol TLS mencegah pihak ketiga mengidentifikasi dan menggunakan alamat IP Anda tanpa otorisasi yang valid.

Untuk mencegah serangan DDOS, Teams mengandalkan perlindungan jaringan Azure DDOS. Layanan secara otomatis membatasi beberapa permintaan dari titik akhir yang sama, atau subnet.

Manajemen Peran Pengguna yang Sangat Baik

Tim ms Manajemen Peran Pengguna

Microsoft Teams menawarkan kepada admin, pemilik tim, dan pemilik rapat kemungkinan untuk mengontrol dan membatasi tindakan pengguna. Anda dapat memutuskan siapa yang dapat memposting atau membagikan konten, siapa yang dapat merekam video, siapa yang dapat bergabung dalam rapat, dan banyak lagi.

Misalnya, Anda bisa menyiapkan lobi untuk mengontrol secara manual siapa yang bisa bergabung dalam rapat Anda. Akibatnya, orang yang menunggu di lobi tidak dapat bergabung dengan rapat Anda kecuali Anda setuju untuk mengizinkan mereka masuk.

Izin Terbatas untuk Peserta

Selama rapat, penyaji dapat mengontrol apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh peserta. Secara default, peserta hanya dapat berbicara, membagikan videonya, dan bergabung dalam obrolan. Mereka tidak dapat berbagi file, atau merekam rapat.

Dengan sangat membatasi izin peserta, Microsoft memastikan bahwa peserta rapat tidak dapat menggunakan dokumen yang dibuat secara khusus untuk menyebarkan malware atau mengumpulkan data pengguna.

Aplikasi Pihak Ketiga

aplikasi pihak ketiga tim microsoft

Anda dapat meningkatkan kapabilitas Microsoft Teams dengan menambahkan berbagai aplikasi pihak ketiga. Misalnya, Anda dapat menambahkan Trello, Polly, Zapier, dan banyak lagi. Aplikasi ini sering kali memerlukan izin untuk mengakses data pengguna.

Ini berpotensi menyebabkan data perusahaan dibagikan dengan pihak ketiga. Dengan kata lain, itu adalah masalah keamanan yang perlu diperhatikan oleh admin IT Anda.

Kesimpulan

Singkatnya, Microsoft Teams sesuai dengan Tingkat D. Ini berarti layanan menggunakan protokol dan teknologi keamanan terbaru untuk memastikan data Anda terlindungi.

Teams mengenkripsi data saat transit dan saat istirahat sementara otentikasi dua faktor mencegah akses yang tidak sah. Protokol keamanan server terbaru memastikan bahwa serangan man-in-the-middle tidak memiliki peluang untuk berhasil.

Untuk informasi selengkapnya tentang topik ini, lihat Keamanan dan Microsoft Teams dan Keamanan dan kepatuhan di Microsoft Teams.

About gustiplau

Check Also

Perbaiki Microsoft Teams Tidak Menampilkan Gambar dan GIF

Pengguna Microsoft Teams dapat dengan cepat mengunggah gambar dan GIF dalam obrolan tim mereka. Secara …