Breaking News

Telegram: Apa Itu Obrolan Suara dan Cara Menggunakannya

Jika WhatsApp tidak ingin ketinggalan dalam perang fitur dengan Telegram, mereka harus melakukan sesuatu dan cepat. Telegram memiliki fitur yang diinginkan WhatsApp, untuk saat ini, memungkinkan Anda melakukan percakapan panggilan suara dengan lebih dari satu orang.

Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada keharusan mengirim pesan suara sehingga semua orang bisa mendengarnya. Sekarang, semua orang dapat mendengar apa yang Anda katakan secara real-time, dan Anda tidak perlu meninggalkan pesan suara sebagai bukti apa pun yang Anda katakan. Anda dapat keluar dan bergabung dengan obrolan suara sesering yang Anda mau.

Apa Itu Obrolan Suara Telegram?

Obrolan suara Telegram hanya sesuai namanya, panggilan grup. Seolah-olah semua orang melakukan video call, tetapi Anda hanya dapat mendengar audionya. Untuk saat ini, fitur tersebut hanya tersedia di grup, tetapi Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang dapat Anda tambahkan ke grup tersebut. Untuk saat ini, Anda tidak dapat membuat panggilan suara tanpa grup dan mulai menambahkan orang. Jika Anda ingin menambahkan seseorang yang tidak ada di grup, ketuk pada opsi Undang Anggota dan cari orang yang ingin Anda tambahkan.

Cara Menggunakan Telegram Voice Chat

Untuk mulai menggunakan fitur obrolan suara, temukan dan buka grup untuk memulai panggilan grup. Setelah terbuka, ketuk nama grup di bagian atas, yang juga memberi tahu Anda berapa banyak orang yang ada di grup. Saat info grup terbuka, ketuk titik-titik di kanan atas dan pilih Mulai Obrolan Suara pilihan.

Anda akan mendapatkan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin memulai obrolan suara dengan grup ini. Ketuk opsi mulai, dan obrolan suara akan dimulai. Secara default, Anda diatur untuk hanya mendengarkan percakapan. Tepat di bawah nama Anda, Anda akan melihat apakah Anda hanya mendengarkan atau berbicara. Jika Anda ingin mengundang siapa pun yang tidak ada di grup, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ketuk opsi Undang Anggota dan cari orang yang ingin Anda tambahkan.

Widget Mengambang

Tepat di bawah sakelar notifikasi, Anda juga akan melihat opsi untuk mengaktifkan widget mengambang. Ini persegi dengan titik di sudut. Ketuk di atasnya untuk mengaktifkan widget mengambang. Jika Anda mengetuk opsi dan tidak ada yang terjadi, Anda perlu memberikan izin Telegram untuk ditampilkan di atas aplikasi lain. Untuk melakukan itu, Anda perlu masuk ke pengaturan perangkat Anda, diikuti oleh Aplikasi dan notifikasi. Temukan Telegram> Lanjutan> Tampilan di atas aplikasi lain dan izinkan.

Widget ini memungkinkan Anda untuk selalu memegang kendali. Dengan mengetuk ikon mikrofon mengambang, jendela samping baru muncul dengan opsi untuk keluar, menyuarakan, atau membungkam.

Dengan mengetuk titik-titik di sebelah kanan hamparan obrolan suara, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan peserta baru, atau Anda dapat mengizinkan mereka untuk berbicara. Anda juga akan melihat opsi untuk membagikan tautan undangan dengan orang lain.

Jika Anda tidak ingin memegang ponsel di dekat telinga, Anda selalu dapat mengetuk ikon speaker. Saat Anda siap untuk berbicara, ketuk biru besar, dan tombol akan berubah menjadi hijau dengan tulisan, You’re Live di bawahnya.

Jika, karena alasan tertentu, widget overlay menimbulkan masalah, Anda selalu dapat bergabung dengan obrolan suara dengan menggesek ke bawah dari bilah notifikasi. Ketuk untuk bergabung, atau ketuk pada opsi untuk meninggalkannya. Jika Anda berubah pikiran dan ingin kembali ke obrolan suara, setiap kali Anda masuk ke grup dengan obrolan suara aktif, Anda akan melihat opsi untuk bergabung di kanan atas.

Pikiran Akhir

Ini adalah fitur yang akan membuat lebih banyak orang ingin bergabung dengan Telegram. WhatsApp telah mengumumkan bahwa mereka memiliki beberapa fitur hebat yang akan dirilis tahun ini, tetapi hanya waktu jika mereka akan cukup untuk bersaing dengan Telegram. Semoga Telegram segera menambahkan fitur status agar lebih baik lagi. Layanan pesan mana yang menurut Anda lebih baik? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

About gustiplau

Check Also

Cara Menghapus Strip Saran di Gboard

Keyboard perangkat Anda adalah sesuatu yang selalu harus berfungsi dengan baik. Anda menggunakan keyboard untuk …