Breaking News

Zoom: Cara Melihat Penggunaan Sistem dan Statistik Kinerja Anda

Jika Anda memperhatikan bahwa komputer Anda mengalami kesulitan dalam hal kinerja saat Anda terhubung ke panggilan Zoom, kemungkinan hal ini disebabkan oleh panggilan Zoom itu sendiri. Keharusan mengunduh dan memproses beberapa umpan video sambil juga memproses dan mengunggah umpan webcam Anda sendiri dapat menghabiskan banyak daya pemrosesan, terutama dari komputer yang lebih lama atau anggaran.

Zoom menyertakan sejumlah statistik kinerja dalam pengaturannya yang dapat Anda tinjau untuk melihat seberapa baik sistem Anda berjalan, dan berpotensi mengidentifikasi mengapa Anda menghadapi masalah tertentu. Untuk mengakses statistik ini, Anda perlu membuka pengaturan Zoom. Untuk melakukannya, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah berada di pengaturan, alihkan ke tab “Statistik”. Sub-tab “Keseluruhan” menunjukkan empat skala di bagian atas yang menunjukkan penggunaan CPU dan RAM Anda. Skala CPU “Zoom” menunjukkan berapa banyak daya pemrosesan CPU yang digunakan oleh Zoom, sedangkan skala CPU “Keseluruhan” menunjukkan penggunaan CPU Anda secara keseluruhan. Skala “Memori” menunjukkan statistik yang sama, kecuali untuk penggunaan RAM.

Di bawahnya adalah beberapa statistik dan informasi koneksi. “Bandwidth” menunjukkan jumlah data yang masing-masing diunggah dan diunduh. “Network Type” menunjukkan apakah perangkat Anda menggunakan koneksi kabel atau nirkabel. “Proxy” menunjukkan alamat proxy jaringan Anda, jika Anda menggunakannya. “Jenis Koneksi” menunjukkan bagaimana Anda terhubung ke jaringan Zoom. “Pusat Data” menunjukkan pusat data Zoom mana yang Anda sambungkan. “Algoritme Enkripsi Saya” menunjukkan algoritme enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi koneksi data Anda. “Versi” menunjukkan versi perangkat lunak klien Zoom yang telah Anda instal.

Halaman statistik “Keseluruhan” mencantumkan beberapa statistik kinerja dan detail koneksi.

Sub-tab “Audio”, “Video”, dan “Berbagi Layar” sebagian besar memiliki statistik yang sama yang mencakup data untuk masing-masing jenis transmisi. “Frekuensi” hanya untuk sub-tab audio dan menampilkan laju sampel audio yang digunakan, dengan angka yang lebih tinggi berarti kualitas audio yang lebih baik. “Latency” adalah ukuran penundaan antara paket data yang dikirim dan diterima, angka yang lebih rendah lebih baik dan berarti penundaan yang lebih singkat. “Jitter” adalah ukuran variasi dalam latensi, angka yang lebih kecil lebih baik.

“Packet loss Avg (Max)” menunjukkan jumlah data yang tidak sampai ke tujuannya, angka yang lebih kecil lebih baik. “Resolusi”, yang hanya berlaku untuk video dan sub-tab berbagi layar, menunjukkan resolusi video yang sedang diunggah dan diunduh, semakin tinggi semakin baik. “Frames Per Second” mengacu pada berapa banyak video atau bingkai berbagi layar yang diunggah dan diunduh per detik, dengan angka yang lebih tinggi semakin baik.

Halaman statistik “Audio”, “Video”, dan “Berbagi Layar” menyediakan statistik jaringan untuk saluran data yang berbeda.

About gustiplau

Check Also

Zoom: Cara Mengubah Ukuran Teks di Windows Chat

Zoom memiliki peran besar dalam komunikasi sejak dimulainya pandemi Covid-19 dan penguncian terkait. Perpindahan ke …