Breaking News

Zoom: Cara Menampilkan Semua Utas Pesan dalam Urutan Kronologis

Dengan platform komunikasi seperti Zoom yang memiliki elemen obrolan berbasis teks, pesan umumnya ditampilkan sesuai urutan penerimaannya. Ini adalah urutan paling jelas untuk menampilkan pesan karena membuat utas pesan mudah diikuti dan dipahami. Zoom menawarkan dua pengaturan yang mengubah urutan pesan ditampilkan yang dapat menyebabkan kebingungan ketika sesuatu dikatakan.

Opsi pertama adalah “Simpan semua pesan yang belum dibaca di atas”. Opsi ini menyimpan obrolan yang memiliki satu atau lebih pesan yang belum dibaca di bagian atas kolom daftar obrolan sebelah kanan di tab “Obrolan” dari jendela Zoom utama. Opsi ini dapat berguna jika Anda memiliki banyak sekali daftar obrolan dan ingin menyimpannya di urutan teratas dan mudah diakses dengan menyimpan pesan sebagai belum dibaca.

Namun, bagi kebanyakan orang, yang tidak kewalahan dengan sejumlah besar pesan konstan, ini sama sekali tidak perlu. Jika obrolan dengan pemberitahuan pesan yang belum dibaca diurutkan dalam urutan kronologis, itu masih mudah ditemukan karena akan disorot dengan ikon pesan yang belum dibaca.

Opsi kedua adalah “Pindahkan pesan dengan balasan baru ke bagian bawah obrolan”. Opsi ini memindahkan pesan yang memiliki balasan baru ke bagian bawah riwayat obrolan. Sayangnya, ini datang dengan dua masalah, pertama, ini dapat merusak urutan kronologis percakapan, dan kedua, hal ini dapat mengakibatkan obrolan yang sama memiliki urutan berbeda untuk pengguna yang berbeda.

Menampilkan pesan dengan balasan baru di bagian bawah memang membuatnya lebih mudah dilihat, namun, itu juga berarti bahwa respons yang tidak menggunakan fungsi balas dapat muncul di atas pesan yang ditanggapi. Selain itu, jika beberapa pengguna mengaktifkan fitur ini dan beberapa menonaktifkannya, mereka akan melihat riwayat obrolan dalam urutan berbeda yang dapat mengakibatkan miskomunikasi dan kebingungan.

Untuk mengkonfigurasi pengaturan obrolan Zoom Anda, agar selalu menampilkan pesan dalam urutan kronologis, Anda perlu membuka pengaturan Zoom. Untuk mengakses pengaturan, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah di pengaturan, alihkan ke tab “Obrolan”. Di bagian “Pesan Belum Dibaca”, hapus centang pada kotak berlabel “Simpan semua pesan yang belum dibaca di atas” dan “Pindahkan pesan dengan balasan baru ke bawah obrolan”. Menonaktifkan kedua opsi ini akan memastikan bahwa semua pesan akan ditampilkan dalam urutan kronologis.

Pastikan bahwa kotak centang untuk “Simpan semua pesan yang belum dibaca di atas” dan “Pindahkan pesan dengan balasan baru ke bawah obrolan” tidak dicentang untuk menampilkan pesan dalam urutan kronologis.

About gustiplau

Check Also

Zoom: Cara Mengubah Ukuran Teks di Windows Chat

Zoom memiliki peran besar dalam komunikasi sejak dimulainya pandemi Covid-19 dan penguncian terkait. Perpindahan ke …