Breaking News

Zoom: Cara Mencegah Seseorang Mengontrol Aplikasi dari Jarak Jauh melalui Berbagi Layar

Salah satu hal yang sesekali harus Anda lakukan dalam rapat Zoom adalah berbagi layar Anda. Alasan paling umum mengapa Anda ingin berbagi layar Anda adalah untuk presentasi, demonstrasi, atau untuk dukungan teknis. Dalam presentasi dan demonstrasi, Anda biasanya akan memimpin interaksi, menggunakan layar bersama Anda untuk memberikan konteks visual pada apa yang Anda katakan.

Namun, dukungan teknis sedikit lebih rumit. Meskipun Anda dapat dengan mudah membagikan layar Anda untuk mendemonstrasikan cara yang benar untuk melakukan sesuatu, atau untuk mendemonstrasikan masalah yang Anda hadapi, ini mungkin tidak cukup untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. Menemukan dan memperbaiki masalah selalu lebih cepat jika Anda melakukannya sendiri daripada memberikan instruksi kepada orang yang membutuhkan dukungan. Untuk mendukung ini, Zoom menawarkan kemampuan untuk dapat mengontrol komputer yang berbagi layar dari jarak jauh.

Yang terpenting, ada sejumlah perlindungan keamanan yang diterapkan. Agar seseorang dapat mengontrol komputer Anda dari jarak jauh, Anda harus menawarkan mereka kendali atau menerima permintaan mereka untuk mengambil kendali. Ada juga sejumlah tindakan lain yang Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi izin sebelum dilakukan, seperti memulai ulang komputer Anda. Perlindungan ini, digabungkan dengan fakta bahwa Anda selalu dapat mengambil kembali kendali atas komputer Anda, berarti Anda tidak perlu khawatir tentang seseorang yang mengambil kendali dan kemudian tidak dapat melakukan apa-apa.

Salah satu opsi yang dapat Anda nonaktifkan sepenuhnya adalah kemampuan untuk mengontrol semua aplikasi lain yang berjalan di komputer Anda dari jarak jauh, bukan hanya aplikasi yang dibagikan secara khusus. Opsi ini dapat ditemukan dan dinonaktifkan di pengaturan Zoom. Untuk mengakses pengaturan, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah di pengaturan, alihkan ke tab “Bagikan Layar”. Setelah berada di tab “Bagikan Layar”, hapus centang pada kotak centang “Aktifkan kendali jarak jauh semua aplikasi”. Pengguna yang Anda berikan kontrol akan tetap dapat mengontrol jendela tertentu, menonaktifkan opsi ini akan mencegah mereka untuk dapat mengontrol jendela lain.

Di tab setelan “Berbagi Layar”, hapus centang pada kotak berlabel “Aktifkan kendali jarak jauh semua aplikasi”.

About gustiplau

Check Also

Zoom: Cara Mengubah Ukuran Teks di Windows Chat

Zoom memiliki peran besar dalam komunikasi sejak dimulainya pandemi Covid-19 dan penguncian terkait. Perpindahan ke …