Breaking News

Zoom: Cara Mengonfigurasi Peringatan Pembaca Layar

Menggunakan komputer saat Anda tunanetra tidaklah mudah. Ini karena metode utama untuk menerima informasi dari komputer Anda secara visual melalui layar. Ada beberapa alat dan trik umum yang bertujuan membantu pengguna tunanetra.

Mode “Kontras Tinggi” adalah variasi skema warna yang dirancang untuk pengguna yang kesulitan membedakan perbedaan warna. Ini dirancang untuk menampilkan tepi yang lebih berbeda untuk membuatnya lebih mudah untuk dapat dengan andal membedakan antarmuka pengguna di layar. Ini sering berakhir menjadi hitam dan putih untuk kontras maksimum, tetapi ini tidak terlalu diperlukan. Alat lain disebut “penskalaan” ini pada dasarnya adalah cara untuk meningkatkan tingkat zoom. Penskalaan meningkatkan ukuran antarmuka pengguna serta ukuran konten aplikasi, membuatnya lebih mudah untuk melihat, membaca, dan mengklik semuanya. Pembaca layar adalah alat yang secara otomatis membaca teks di layar menggunakan program text-to-speech.

Zoom tidak memiliki dukungan bawaan untuk mode kontras tinggi, atau untuk penskalaan, meskipun itu akan dipengaruhi oleh pengaturan seluruh sistem operasi yang mengaktifkan fitur aksesibilitas ini. Zoom lagi tidak memiliki pembaca layar bawaan, tetapi termasuk fungsi yang disebut “Peringatan Pembaca Layar” yang dirancang untuk terintegrasi dengan pembaca layar untuk memberikan pemberitahuan yang akan dibacakan. Misalnya, peringatan pembaca layar “IM Chat Diterima” akan membacakan kata “Alert” lalu membaca pemberitahuan yang menyatakan nama pengirim, dan jumlah pesan yang belum dibaca dari mereka.

Fungsionalitas peringatan pembaca layar dimaksudkan untuk menyediakan sistem pemberitahuan suara yang lebih fungsional dan berguna bagi pengguna yang gangguan penglihatannya menyulitkan untuk membaca munculan pemberitahuan.

Cara mengonfigurasi peringatan pembaca layar

Jika Anda ingin mengonfigurasi peringatan pembaca layar mana yang diaktifkan, Anda dapat melakukannya di pengaturan Zoom. Untuk mengakses pengaturan, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah di pengaturan, alihkan ke tab “Aksesibilitas”. Di bagian bawah halaman, Anda dapat menemukan kotak “Peringatan Pembaca Layar”. Setiap entri menjelaskan skenario di mana peringatan akan diaktifkan dan menyediakan kotak centang untuk mengaktifkan atau menonaktifkan peringatan. Secara default, semua peringatan pembaca layar diaktifkan, jika Anda menemukan bahwa Anda mendapatkan terlalu banyak pemberitahuan dari satu jenis dan itu mengganggu, hapus centang pada kotak yang relevan untuk menonaktifkan pemberitahuan.

Tips: Jika pembaca layar Anda tidak membaca peringatan dengan benar, mulai ulang Zoom, dan pastikan pembaca layar Anda berjalan sebelum Zoom diluncurkan.

Centang atau hapus centang pada kotak yang relevan untuk mengaktifkan peringatan pembaca layar di pengaturan “Aksesibilitas”.

Saya harap panduan ini membantu Anda mempelajari cara mengonfigurasi peringatan pembaca layar dalam Zoom. Silahkan tinggalkan komentar.

About gustiplau

Check Also

Google Duo di Android: Cara Mengaktifkan Mode Cahaya Rendah

Dalam panggilan video apa pun, Anda ingin terlihat, jika tidak, Anda akan menggunakan panggilan suara …