Breaking News

Zoom: Cara Mengubah Perangkat dan Volume Output Audio Anda

Meskipun banyak fokus dalam rapat Zoom ada di webcam, audio sebenarnya lebih penting. Tanpa audio Anda dikonfigurasi, Anda tidak dapat mendengar orang lain, yang membuatnya lebih sulit untuk benar-benar berkomunikasi.

Secara default, Zoom memutar audio melalui perangkat output audio sistem default Anda. Ini berarti jika Anda biasanya mendengar suara dari speaker Anda, maka Zoom akan menggunakan speaker Anda. Ini belum tentu apa yang Anda inginkan sepanjang waktu. Anda mungkin ingin Zoom memutar audio melalui headset, atau earphone misalnya. Untuk mencapai ini, Anda dapat mengubah perangkat output audio default sistem Anda menjadi perangkat yang ingin Anda gunakan. Sebagai alternatif, Zoom memungkinkan Anda untuk secara manual menentukan perangkat output audio apa yang Anda inginkan dari audio Zoom. Ini berarti Anda dapat mengonfigurasi suara sistem Anda untuk terus diputar melalui speaker Anda, sementara audio panggilan Zoom juga diputar dari headphone Anda.

Mengonfigurasi Zoom untuk menggunakan perangkat keluaran audio yang berbeda memungkinkan Anda memiliki dua aliran audio yang berbeda, berpotensi memungkinkan orang lain untuk tetap mendengarkan musik atau bermain game saat Anda sedang menelepon.

Tip: Jika Anda mengkonfigurasi Zoom untuk menggunakan perangkat audio yang berbeda, Anda harus menyadari bahwa mikrofon Anda masih dapat mengambil audio lain yang sedang diputar dari perangkat lain. Mikrofon Anda akan tetap mengambil musik yang diputar dari speaker Anda, meskipun Anda tidak dapat mendengarnya melalui headphone yang digunakan audio panggilan Zoom Anda.

Untuk mengkonfigurasi pengaturan output audio Zoom, Anda perlu membuka pengaturan Zoom. Untuk mengakses pengaturan, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah di pengaturan, alihkan ke tab “Audio”. Di bagian “Speaker”, gunakan kotak tarik-turun untuk memilih perangkat keluaran audio yang ingin Anda gunakan. Gunakan penggeser “Volume” di bawah kotak tarik-turun untuk mengonfigurasi volume keluaran.

Tip: Perangkat audio “Same as System” mengkonfigurasi komputer Anda untuk menggunakan perangkat keluaran audio default sistem. Ini secara otomatis akan menyesuaikan dengan perubahan apa pun yang Anda buat pada perangkat keluaran audio sistem default.

Untuk menguji apakah Anda puas dengan pengaturan Anda, klik tombol “Test Speaker” dan Zoom akan memainkan lagu singkat.

Gunakan kotak dropdown dan penggeser volume di bagian “Speaker” dari pengaturan “Audio” untuk mengonfigurasi pengaturan output audio Anda.

About gustiplau

Check Also

Perbaiki Skype Terus Terputus di PC

Skype yang terus-menerus memutuskan dan menyambungkan kembali dapat merusak produktivitas Anda. Masalah ini biasanya terjadi …