Breaking News

Zoom: Cara Merekam File Audio Terpisah untuk Setiap Pengguna

Covid-19 dan penguncian terkait telah memaksa semua orang untuk beradaptasi dengan kondisi pribadi dan kerja yang baru. Sejumlah besar orang telah menggunakan Zoom sebagai platform komunikasi, baik untuk rapat kerja maupun untuk panggilan pribadi. Terkadang Anda mungkin perlu atau ingin merekam panggilan yang sedang Anda lakukan. Meskipun Anda senang merekam salinan langsung dari apa yang Anda lihat atau dengar, Anda mungkin juga ingin melakukan beberapa pengeditan lanjutan untuk hasil akhir yang lebih berkualitas. Pengeditan ini sangat penting jika Anda menghasilkan konten profesional dari rekaman Anda.

Jika Anda ingin mengedit audio dari panggilan Zoom, membuat semua audio semua orang direkam pada satu trek audio membuatnya agak sulit. Solusi ideal adalah memiliki trek audio terpisah untuk setiap pengguna karena ini memungkinkan Anda secara khusus mengedit audio setiap orang secara mandiri. Untungnya bagi produser konten profesional, Zoom menyertakan fungsionalitas untuk merekam trek audio terpisah untuk setiap pengguna yang berbicara melalui rapat.

Jika Anda ingin mengaktifkan pengaturan untuk memisahkan audio setiap orang menjadi trek audio yang berbeda, Anda dapat melakukannya di pengaturan Zoom. Untuk mengakses pengaturan, klik ikon pengguna Anda di pojok kanan atas, lalu klik “Pengaturan”.

Untuk mengakses pengaturan Zoom, klik ikon pengguna Anda, lalu pada “Pengaturan” di menu tarik-turun.

Setelah di pengaturan, alihkan ke tab “Rekaman”. Untuk mengaktifkan setelan, centang kotak berlabel “Rekam file audio terpisah untuk setiap peserta yang berbicara”, yang dapat ditemukan di urutan kedua dari atas.

Tip: File audio dapat menghabiskan cukup banyak ruang disk, tidak sebanyak video, tetapi tentu saja tidak sedikit juga. Merekam trek audio terpisah untuk setiap pengguna akan menambah ruang yang diperlukan di komputer Anda untuk menyimpan rekaman, jadi pastikan Anda memiliki cukup ruang kosong, terutama jika Anda merekam dalam waktu lama.

Centang kotak centang berlabel “Rekam file audio terpisah untuk setiap peserta yang berbicara”, ditemukan kedua dari atas pengaturan “Rekaman”.

About gustiplau

Check Also

Zoom: Cara Mengubah Ukuran Teks di Windows Chat

Zoom memiliki peran besar dalam komunikasi sejak dimulainya pandemi Covid-19 dan penguncian terkait. Perpindahan ke …